Seiring dengan kemajuan zaman kebutuhan bahasa asing semakin meningkat. Minimal sekedar memperluas pertemanan, lalu bertukar informasi satu sama lain. Untuk kepentingan yang lebih serius, bahasa asing dapat bermanfaat dalam akses jurnal penelitian, kerjasama bisnis, diplomasi, serta pencarian jodoh.

Berbagai keperluan tersebut dijawab oleh para ahli bahasa dan programmer. Mereka membuat website - website berisi tentang pelajaran bahasa asing. Selain itu mereka juga menghadirkan aplikasi untuk dapat digunakan dengan mudah di telepon genggam.

Untuk dapat menggunakan aplikasi tersebut secara efektif, seseorang lazimnya harus membayar dengan sejumlah uang. Setelah itu dia dapat mengakses materi pembelajaran secara utuh, baik tata bahasa, penulisan, maupun pengucapan.

Adapun untuk berlatih kemampuan percakapan menjadi persoalan sendiri. Memang sudah ada beberapa aplikasi tersedia untuk menemukan partner ataupun penutur bahasa asing yang tengah dipelajari. Masalahnya adalah penjagaan privasi, efektifitas percakapan dan waktu yang kadang tidak tepat.

Untuk mengatasi masalah ini sudah tersedia situs free4talk.com yang dapat digunakan baik di komputer ataupun di telepon genggam. Suatu platform gratis karya pemuda Vietnam bernama Dao Quang Phuong. Dia merancang free4talk untuk mempertemukan para pembelajar bahasa asing melalui mekanisme yang dapat disebut dengan language group.

Language group atau grup bahasa tersebut merupakan fasilitas utama pengguna situs dalam mengasah kemampuan percakapan mereka. Di dalamnya, mereka dapat berkomunikasi dengan orang lain dalam bahasa yang tengah dipelajari. Seorang pengguna dapat membuat grup ini sendiri atau dapat bergabung dengan grup orang lain sesuai dengan bahasa peminatannya. Selain itu pengguna juga bisa mengatur berapa orang yang dia izinkan masuk ke dalam grupnya, mulai dari satu orang hingga jumlah tak terhingga.

Di samping jumlah pengguna, grup juga memiliki fitur lain. Pembuat grup atau owner memiliki hak untuk memilih bahasa, menuliskan topik percakapan, dan memilih level kecakapan berbahasa mulai dari any level, beginner hingga upper advanced. Dia juga dapat menonaktifkan fitur mikrofon dan kamera, mengelola apa saja yang dapat dikirimkan melalui fitur chat di dalam grup dan menyisipkan kalimat sambutan.

Semua pengguna dalam grup dapat menggunakan fitur screen sharing, youtube, whiteboard serta lainnya kecuali dinoaktifkan oleh owner. Fitur - fitur tersebut sangat berguna untuk membantu belajar bahasa. Misalnya screen sharing bermanfaat untuk membagikan buku atau artikel untuk melatih kemampuan membaca khususnya untuk bahasa - bahasa yang sangat sulit seperti Arab, Ibrani, dan Cina. Lawan bicara dapat menyimak serta mengoreksi bacaan atau pelafalan seseorang.

Penggunaan beragam fitur di atas baru efektif bila pengguna telah memiliki setidaknya 25 orang followers (pengikut) yang sekaligus membuat status akunnya verified (terverifikasi). Akun verified mempunyai kelebihan yaitu foto profilnya akan muncul, sementara akun yang belum verified hanya muncul gambar huruf dari awal namanya saja. Misalnya nama seorang pengguna adalah Brad Dalson, maka gambar profilnya menjadi BD. Contoh keterbatasan lainnya ketika pengguna belum verified, dia tetap bisa membuat grup namun tidak bisa menuliskan topik.

Fitur lain di luar grup adalah social. Ketika seseorang dan lawan bicaranya saling mengikuti (follow), mereka dapat saling berbalas pesan meskipun tidak berada di grup yang sama. Selain itu pengguna juga dapat mengklik bahasa yang dia inginkan untuk melihat grup yang masih tersedia untuk bergabung.

Grup yang paling banyak di free4talk tentu saja bahasa Inggris sebagai bahasa internasional. Jumlahnya dapat mencapai ratusan. Grup bahasa lain seperti Arab dan Cina juga sering tampak ramai meskipun jumlahnya jauh di bawah grup Inggris.

Sejauh ini belum ada data tentang berapa banyak pengguna aktif free4talk. Khusus untuk grup bahasa Indonesia, semenjak penulis bergabung pada akhir 2019, jumlahnya meningkat drastis. Hal ini terlihat dari pertumbuhan grup Indonesia yang jumlahnya kadang mencapai puluhan. 

Peningkatan pengguna situs ini tidak lepas dari kemudahan registrasi dan cara pemakaiannya. Orang hanya butuh akun gmail tanpa harus mengisi formulir lainnya untuk menjadi pengguna. Selebihnya, dia tinggal mengeksplorasi free4talk dengan santai.